KD Matematika Non Teknologi SMK
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh program
keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh kompetensi keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata
Pelajaran : Matematika
(Non Teknologi)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap
spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
4.1 Menyajikan penyelesaian
masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
|
20
|
3.2
Menerapkan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
12
|
3.3
Menentukan nilai variabel
pada sistem persamaan linear dua
variabel dalam masalah kontekstual
|
4.3. Menyajikan penyelesaian masalah sistem persamaan linier dua variabel
|
12
|
3.4
Menentukan nilai maksimum dan minimum
permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
4.4 Menyajikan penyelesaian
masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
20
|
3.5
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
16
|
3.6
Menganalisis barisan dan deret geometri
|
4.6 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
20
|
3.7
Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan
anuitas
|
4.7 Menyelesaiakan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
24
|
3.8
Menentukan perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
|
4.8 Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
|
8
|
3.9
Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai
kuadran
|
4.9
Menyajikan penyelesaian masalah nilai sudut
berelasi diberbagai kuadran
|
8
|
3.10 Menentukan
koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4.10 Menyajikan
penyelesaian masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebaliknya
|
4
|
3.11 Menerapkan nilai
perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
|
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
|
8
|
3.12 Menerapkan
operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
4.12 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan matriks
|
8
|
3.13 Menetukan nilai
determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan
tranpos pada ordo 3 x 3
|
4.13 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan
dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
12
|
3.14 Menentukan nilai
besaran vektor pada dimensi dua
|
4.14 Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
12
|
3.15 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
|
4.15 Menyajikan penyelesain masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
|
20
|
3.16 Menganalisis
operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
|
4.16 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada
fungsi
|
12
|
3.17 Menentukan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana,
pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
4.17 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana,
pernyataan majemuk, negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
20
|
3.18 Menganalisis
titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
|
4.18 Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak
antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri
dimensi tiga
|
16
|
3.19 Menetukan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
|
4.19 Menyelesaikan masalah
kontekstual kontekstual yang
berkaitan dengan transformasi geometri
|
16
|
3.20 Menganalisis
kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah
kontekstual
|
4.20 Menyajikan penyelesaian
masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan,
permutasi dan kombinasi
|
12
|
3.21 Menentukan peluang kejadian
|
4.21 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang kejadian
|
16
|
3.22 Mengevaluasi
kajian statistika dalam masalah kontekstual
|
4.22 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan kajian statistika
|
12
|
3.23 Menganalisis
ukuran pemusatan data tunggal dan data
kelompok
|
4.23 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
20
|
3.24 Menganalisis
ukuran penyebaran data
tunggal dan data kelompok
|
4.24 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
|
20
|
3.25 Menentukan nilai limit fungsi aljabar
|
4.25 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
limit fungsi aljabar
|
24
|
3.26 Menentukan
turunan fungsi aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau sifat – sifat
turunan fungsi serta penerapannya
|
4.26 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
20
|
3.27 Menganalisis
keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
4.27 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
|
16
|
3.28 Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
4.28 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu dan
tertentu fungsi aljabar
|
16
|
Total jam
|
424
|
Malang,
28 Februari 2017
Fasilitator Penelaah
I
Nini
Nelayani, M. Pd Ivon
Yanuarini, S. Pd, M.T
Penelaah
II
Ir.
Hj. Andriyas Dekaruni D, M.Pd
KD Matematika Teknologi SMK
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh program
keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh kompetensi keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata
Pelajaran : Matematika
(Teknik)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap
spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
4.1 Menyajikan penyelesaian
masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
|
20
|
3.2
Menerapkan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
12
|
3.3
Menentukan nilai variabel
pada sistem persamaan linear dua
variabel dalam masalah kontekstual
|
4.3. Menyajikan penyelesaian masalah sistem persamaan linier dua variabel
|
|
3.4
Menentukan nilai maksimum dan minimum
permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
4.4 Menyajikan penyelesaian
masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
16
|
3.5
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
8
|
3.6
Menganalisis barisan dan deret geometri
|
4.6 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
12
|
3.7
Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan
anuitas
|
4.7 Menyelesaiakan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
12
|
3.8
Menentukan perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
|
4.8 Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
|
8
|
3.9
Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai
kuadran
|
4.9
Menyajikan penyelesaian masalah nilai sudut
berelasi diberbagai kuadran
|
4
|
3.10 Menentukan
koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4.10 Menyajikan
penyelesaian masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebaliknya
|
4
|
3.11 Menerapkan nilai
perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
|
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
|
8
|
3.12 Menerapkan aturan
sinus dan kosinus
|
4.12 Menyelesaikan
permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
|
8
|
3.13 Menentukan luas
segitiga pada trigonometri
|
4.13 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
|
4
|
3.14 Menganalisis
nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
4.14 Menyelesaikan
nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
12
|
3.15 Menerapkan
operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
4.15 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan matriks
|
10
|
3.16 Menetukan nilai
determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan
tranpos pada ordo 3 x 3
|
4.16 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3
x 3
|
10
|
3.17 Menentukan nilai
besaran vektor pada dimensi dua
|
4.17 Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
12
|
3.18 Menentukan nilai
besaran vektor pada dimensi tiga
|
4.18 Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
|
12
|
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
|
4.19 Menyajikan penyelesain masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
|
20
|
3.20 Menganalisis
operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
|
4.20 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada
fungsi
|
8
|
3.21 Menentukan persamaan lingkaran
|
4.21 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan persamaan lingkaran
|
8
|
3.22 Menentukan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan
sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi
pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
4.22 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana,
pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )
|
16
|
3.23 Menganalisis
titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
|
4.23 Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak
antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri
dimensi tiga
|
16
|
3.24 Menetukan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
|
4.24 Menyelesaikan masalah
kontekstual kontekstual yang
berkaitan dengan transformasi geometri
|
16
|
3.25 Menganalisis
kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah
kontekstual
|
4.25 Menyajikan penyelesaian
masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan,
permutasi dan kombinasi
|
12
|
3.26 Menentukan
peluang kejadian
|
4.26 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian
|
8
|
3.27 Mengevaluasi
kajian statistika dalam masalah kontekstual
|
4.27 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan kajian statistika
|
12
|
3.28 Menganalisis
ukuran pemusatan data tunggal dan data
kelompok
|
4.28 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
16
|
3.29 Menganalisis
ukuran penyebaran data
tunggal dan data kelompok
|
4.29 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
|
16
|
3.30 Menentukan nilai limit fungsi aljabar
|
4.30 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
limit fungsi aljabar
|
24
|
3.31 Menentukan
turunan fungsi aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau sifat – sifat
turunan fungsi serta penerapannya
|
4.31 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
20
|
3.32 Menganalisis
keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
4.32 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
|
12
|
3.33 Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
4.33 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu dan
tertentu fungsi aljabar
|
12
|
3.34 Menentukan
luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu
|
4.34 Menyelesaikan
masalah luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral
tertentu
|
16
|
Total jam
|
424
|
Malang, 28 Februari 2017
Fasilitator Penelaah
I
Nini Nelayani, M. Pd Ivon Yanuarini, S. Pd, M.T
Penelaah
II
Ir.
Hj. Andriyas Dekaruni D, M.Pd
KD Matematika Umum SMK
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh program
keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh kompetensi keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata
Pelajaran : Matematika
(Umum)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap
spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
4.1 Menyajikan penyelesaian
masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
|
20
|
3.2
Menerapkan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
4.2. Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
12
|
3.3
Menentukan nilai variabel
pada sistem persamaan linear dua
variabel dalam masalah kontekstual
|
4.3. Menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel
|
|
3.4
Menentukan nilai maksimum dan minimum
permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
4.4 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
16
|
3.5
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
8
|
3.6
Menganalisis barisan dan deret geometri
|
4.6 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
12
|
3.7
Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan
anuitas
|
4.7 Menyelesaiakan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
12
|
3.8
Menentukan perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
|
4.8 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku
|
8
|
3.9
Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai
kuadran
|
4.9
Menyelesaikan masalah nilai sudut berelasi
diberbagai kuadran
|
4
|
3.10 Menentukan
koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4.10 Menyelesaikan masalah
perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4
|
3.11 Menerapkan nilai
perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
|
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
|
8
|
3.12 Menerapkan aturan
sinus dan kosinus
|
4.12 Menyelesaikan
permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
|
8
|
3.13 Menentukan luas
segitiga pada trigonometri
|
4.13 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
|
4
|
3.14 Menganalisis
nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
4.14 Menyelesaikan
nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
12
|
3.15 Menerapkan
operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
4.15 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan matriks
|
10
|
3.16 Menetukan nilai
determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan
tranpos pada ordo 3 x 3
|
4.16 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3
x 3
|
10
|
3.17 Menentukan nilai
besaran vektor pada dimensi dua
|
4.17 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
12
|
3.18 Menentukan nilai
besaran vektor pada dimensi tiga
|
4.18 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran
vektor pada dimensi tiga
|
12
|
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
|
4.19 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
|
20
|
3.20 Menganalisis
operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
|
4.20 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada
fungsi
|
8
|
3.21 Menentukan persamaan lingkaran
|
4.21 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan lingkaran
|
8
|
3.22 Menganalisis masalah kontekstual yang
berkaitan dengan logika matematika (pernyataan
sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi
pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
4.22 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan
logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana,
pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )
|
16
|
3.23 Menganalisis
titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
|
4.23 Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak
antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri
dimensi tiga
|
16
|
3.24 Menetukan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
|
4.24 Menyelesaikan masalah
kontekstual kontekstual yang
berkaitan dengan transformasi geometri
|
16
|
3.25 Menganalisis
kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah
kontekstual
|
4.25 Menyajikan penyelesaian
masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan,
permutasi dan kombinasi
|
12
|
3.26 Menentukan
peluang kejadian
|
4.26 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian
|
8
|
3.27 Mengevaluasi
kajian statistika dalam masalah kontekstual
|
4.27 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan kajian statistika
|
12
|
3.28 Menganalisis
ukuran pemusatan data tunggal dan data
kelompok
|
4.28 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
16
|
3.29 Menganalisis
ukuran penyebaran data
tunggal dan data kelompok
|
4.29 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
|
16
|
3.30 Menentukan nilai limit fungsi aljabar
|
4.30 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
limit fungsi aljabar
|
24
|
3.31 Menentukan
turunan fungsi aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau sifat – sifat
turunan fungsi serta penerapannya
|
4.31 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
20
|
3.32 Menganalisis
keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
4.32 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
|
12
|
3.33 Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
4.33 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu dan
tertentu fungsi aljabar
|
12
|
3.34 Menentukan
luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu
|
4.34 Menyelesaikan
masalah luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral
tertentu
|
16
|
Total jam
|
424
|
Malang, 28 Februari 2017
Fasilitator Penelaah
I
Nini Nelayani, M. Pd Ivon Yanuarini, S. Pd, M.T
Penelaah
II
Ir.
Hj. Andriyas Dekaruni D, M.Pd
PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM
13 SMK (PERBAIKAN 2017)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Aspek
|
Kurikulum 2013
|
Kurikulum 2013
(Perbaikan 2017)
|
Alasan
|
||||
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total Jam
|
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total jam
|
||||
A. Waktu
|
|||||||
1.
Jumlah Jam
|
4 JP/mg x 6 Smt
|
424
|
4 JP/mg x 6 Smt
|
424
|
Tidak ada perubahan
|
||
2.
Durasi (berapa
semester di semester berapa)
|
6 semester ( 1,2,3,4,5
dan 6)
|
6 semester ( 1,2,3,4,5
dan 6)
|
Tidak ada perubahan
|
||||
B. Kompetensi
Dasar (KD)
|
|||||||
1.
Jumlah KD
|
Kelas X KD 3 = 23
Kelas XI KD 3 = 29
Kelas XII KD 3 = 6
Total = 58
|
Kelas X KD 4 = 19
Kelas XI KD 4 = 20
Kelas XII KD 4 = 6
Total = 45
|
KD 3 = 34
|
KD 4 = 34
|
Adanya beberapa KD terpisah yang disatukan dalam suatu KD sehingga
pembahsan materi lebih terarah
|
||
PERUBAHAN MATERI
KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM 2013
(PERBAIKAN 2017)
MATERI KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KD
|
KURIKULUM 2013
|
KURIKULUM 2013 (PERBAIKAN 2017 )
|
ALASAN
PERUBAHAN
|
||
KELAS X
|
KELAS XI
|
KELAS XII
|
|||
3.1
|
Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan
logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya..
|
Mendeskripsikan konsep sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dua variabel dan
menerapkannya dalam pemecahan masalah program linear.
|
Menganalisis konsep, nilai determinan dan
sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam menentukan invers matriks dan
dalam memecahkan masalah
|
Menerapkan konsep
bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
dalam menyelesaikan masalah
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan disesuaikan
dengan tingkat kesulitan materi
Untuk 3. 1 di kelas XI
di ubah menjadi 3.4
Untuk 3.2 di kelas XII
di ubah menjadi 3.15
|
3.2
|
Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaandan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
|
Menerapkan prosedur yang sesuai untuk menyelesaikan masalah program linear terkait masalah
nyata dan menganalisis kebenaran langkah-langkahnya.
|
Mendeskripsikan konsep barisan dan deret pada konteks dunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan.
|
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu
variabel
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan diurutkan
sesuai dengan tingkat kesulitan materi
|
3.3
|
Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dua dan tiga variable
serta pertidaksamaan linier dua variabel
dan mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika.
|
Menganalisis bagaimana menilai validitas argumentasi logis yang digunakan dalam matematika yang sudah
dipelajari terkait pemecahan masalah program linier.
|
Mendeskripsikan prinsip induksi matematika dan
menerapkannya dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik.
|
Menentukan nilai variabel pada sistem
persamaan linear dua dan tiga variabel dalam masalah kontekstual
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan diurutkan
sesuai dengan tingkat kesulitan materi
Untuk 3. 3 di kelas XI
di ubah menjadi 3.4
Untuk 3.3 di kelas XII
di dihilangkan karena materi tersebut tidak terlalu berhubungan dengan materi
kejuruan yang ada di SMK
|
3.4
|
Mendeskripsikan konsep matriks sebagai
representasi numerik dalam kaitannya dengan konteks nyata.
|
Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dasar
operasi matriks dan sifat-sifat operasi matriks serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menganalisis konsep dan sifat diagonal ruang,
diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga serta
menerapkannya dalam
|
Menentukan
nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya materi
Untuk 3. 4 di kelas X
di ubah menjadi 3.14
Untuk 3. 4 di kelas XI
di ubah menjadi 3.14
Untuk 3.4 di kelas XII
di ubah menjadi 3.23
|
3.5
|
Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Mendeskripsikan konsep fungsi dan menerapkan
operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)pada
fungsi.
|
Memahami konsep jumlah Rieman dan integral
tentu suatu fungsi dengan menggunakan fungsi- fungsi sederhana non-negatif.
|
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan diurutkan
sesuai dengan tingkat kesulitan materi
Untuk 3. 5 di kelas X
di ubah menjadi 3.14
Untuk 3. 5 di kelas XI
di ubah menjadi 3.18
Untuk 3.5 di kelas XII
di ubah menjadi 3.33
|
3.6
|
Mendeskripsikan daerah asal, daerah
kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara
dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan
pasangan terurut, atau ekspresi simbolik
|
Menganalisis konsep dan
sifat suatu fungsi dan melakukan manipulasi aljabar dalam menentukan invers
fungsi dan fungsi invers.
|
Menggunakan Teorema Fundamental Kalkulus untuk
menemukan hubungan antara integral dalam integral tentu dan dalam integral
tak tentu.
|
Menganalisis barisan dan deret geometri
|
KD 3. 6 di kelas X di
ubah menjadi 3.18
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
KD 3. 6 di kelas XI di
ubah menjadi 3.14
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
KD 3.6 di kelas XII di
ubah menjadi 3.33
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
|
3.7
|
Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam
berbagai bentuk yang merupakan fungsi.
|
Mendeskripsikan dan menganalisissifat suatu
fungsi sebagai hasil operasi dua atau lebih fungsi yang lain.
|
Menganalisis
pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
KD 3. 7 di kelas X di ubah menjadi 3.18
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 7 di kelas XI
di ubah menjadi 3.18
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
|
|
3.8
|
Memprediksi pola barisan
dan deret aritmetika dan geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan
memberikan alasannya.
|
Mendeskripsikan konsep komposisi fungsi dengan
menggunakan konteks sehari-hari dan menerapkannya.
|
Menentukan
perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
|
KD 3. 8 di kelas X di
ubah menjadi 3.5 dan 3.6
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
KD 3. 8 di kelas XI di
ubah menjadi 3.18
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
|
|
3.9
|
Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat.
|
Mendeskripsikan konsep barisan tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal himpunan bilangan asli.
|
Menentukan
nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
|
Untuk 3. 9 di kelas X
di ubah menjadi 3.19
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 9 di kelas XI
di ubah menjadi 3.5 dan 3.6
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
|
|
3.10
|
Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat,
memilih strategi dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat sertamemeriksakebenaran jawabannya.
|
Menganalisis sifat dua garis sejajar dan saling tegak lurus dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.
|
Menentukan
koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
KD 3. 10 di kelas X di
ubah menjadi 3.19
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
KD 3. 10 di kelas XI
di ubah menjadi 3.5 dan 3.6
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
|
|
3.11
|
Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual.
|
Mendeskripsikan dan menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
|
Menerapkan
nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 11 di kelas X
di ubah menjadi 3.19
Untuk 3. 11 di kelas
XI di ubah menjadi 3.12 dan 3.13
|
|
3.12
|
Menganalisis grafik
fungsi dari data terkait masalah nyata dan menentukan model
matematika berupa fungsi kuadrat.
|
Mendeskripsikan dan menggunakan berbagai
ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus serta menafsirkan dan mengkomunikasikannya.
|
Menerapkan
aturan sinus dan kosinus
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 12 di kelas X
di ubah menjadi 3.19
Untuk 3. 12 di kelas
XI di ubah menjadi 3.12 dan 3.27
|
|
3.13
|
Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui
demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya.
|
Mendeskripsikan dan menerapkan berbagai aturan
pencacahan melalui beberapa contoh nyata serta
menyajikan alur perumusan aturan pencacahan (perkalian, permutasi
dankombinasi) melalui diagram atau cara lainnya.
|
Menentukan
luas segitiga pada trigonometri
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 13 di kelas X
di ubah menjadi 3.23 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 13 di kelas
XI di ubah menjadi 3.25 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
|
|
3.14
|
Mendeskripsikan konsep perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang
hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga
siku- siku sebangun.
|
Menerapkan berbagai konsep dan prinsip permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah nyata.
|
Menganalisis
nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 14 di kelas X
di ubah menjadi 3.8 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 14 di kelas
XI di ubah menjadi 3.25 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
|
|
3.15
|
Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
|
Mendeskripsikan konsep ruang sampel dan
menentukan peluang suatu kejadian dalam suatu percobaan.
|
Menerapkan
operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 15 di kelas X
di ubah menjadi 3.8 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 15 di kelas
XI di ubah menjadi 3.26 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
|
|
3.16
|
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan
perbandingan Trigonometri dari sudut disetiap kuadran, memilih dan menerapkan
dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika.
|
Mendeskripsikan dan menerapkan aturan/ rumus
peluangdalam memprediksiterjadinyasuatu kejadian
dunia nyatasertamenjelaskanalasan- alasannya
|
Menetukan
nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan
tranpos pada ordo 3 x 3
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 16 di kelas X
di ubah menjadi 3.9 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 16 di kelas
XI di ubah menjadi 3.25 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
|
|
3.17
|
Mendeskripsikan konsep fungsi Trigonometri dan
menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan
nilai fungsi Trigonometri dari sudut-sudut istimewa.
|
Mendeskripsikan konsep peluang dan harapan suatu kejadian dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menentukan
nilai besaran vector pada
dimensi dua
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 17 di kelas X
di ubah menjadi 3.9 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 17 di kelas
XI di ubah menjadi 3.26 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
|
|
3.18
|
Mendeskripsikan konsep limit fungsi
aljabar dengan menggunakan konteks nyata dan
menerapkannya.
|
Mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran dan
menganalisis sifat garis singgung lingkaran
dengan menggunakan metode koordinat.
|
Menentukan
nilai besaran vector pada
dimensi tiga
|
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 3. 18 di kelas X
di ubah menjadi 3.9 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 18 di kelas
XI di ubah menjadi 3.26 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
|
|
3.19
|
Merumuskan aturan dan sifat limit fungsi aljabar melalui pengamatan contoh-contoh.
|
Mendeskripsikan konsep dan kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan umum lingkaran dengan metode koordinat.
|
Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
|
Untuk 3. 19 di kelas X
di ubah menjadi 3.30 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 19 di kelas
XI di ubah menjadi 3.21 dengan merubah KKO ketingkat yang lebih dan
menyederhanakan redaksional
|
|
3.20
|
Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam
bentuk tabel atau diagram/plot yang sesuai untuk
mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis
perbandingan berbagai variasi penyajian data.
|
Menganalisis sifat-sifat
transformasi geometri (translasi, refleksi garis,dilatasi
dan rotasi) dengan pendekatan koordinat dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.
|
Menganalisis
operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
|
Untuk 3. 20 di kelas X
di ubah menjadi 3.28 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 20 di kelas
XI di ubah menjadi 3.24 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya
|
|
3.21
|
Mendeskripsikan data dalam bentuk tabel atau
diagram/plotter tentu yang sesuai
dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.
|
Mendeskripsikan konsep turunan dengan
menggunakan konteks matematik atau konteks lain dan menerapkannya.
|
Menentukan persamaan lingkaran
|
Untuk 3. 21 di kelas X
di ubah menjadi 3.28 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 21 di kelas
XI di ubah menjadi 3.31 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya
|
|
3.22
|
Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu percobaan
menggunakan frekuensi relatif.
|
Menurunkan aturan dan sifat
turunan fungsi aljabar dari aturan dan sifat limit fungsi.
|
Menentukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (
pernyataan sederhana, negasi
pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan
penarikan kesimpulan)
|
Untuk 3. 22 di kelas X
di ubah menjadi 3.26 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat
Untuk 3. 22 di kelas
XI di ubah menjadi 3.31 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya
|
|
3.23
|
Mendeskripsikan dan menganalisis aspek-aspek sederhana argumentasi logis yang digunakan dalam
matematika yang sudah dipelajari, seperti
penalaran induktif dan deduktif, hipotesis dan simpulan dalam deduksi logis,
dan contoh penyangkal
|
Memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah dunia nyata dan matematika yang melibatkan turunan dan integral tak tentu dan
memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
|
Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi
tiga
|
Untuk 3. 23 di kelas X
di ubah menjadi 3.22 Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah –
pisah di setiap tingkat dan perubahan redaksional penulisan
Untuk 3. 23 di kelas
XI di ubah menjadi 3.31 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya
|
|
3.24
|
Mendeskripsikan konsep turunan dan
menggunakannya untuk menganalisis grafik fungsi dan menguji sifat-sifat yang dimiliki untuk mengetahui fungsi naik dan
fungsi turun.
|
Menetukan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
|
Untuk 3. 24 di kelas
XI di ubah menjadi 3.32 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan merubah redaksional penulisan menjadi lebih singkat
|
||
3.25
|
Menerapkan konsep dan sifat
turunan fungsi untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen, dan garis normal.
|
Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah kontekstual
|
3.25 kelas xi
dihilangkan karena materi tersebut tidak sesuai dengan materi kejuruan dan
tidak perku pendalaman
|
||
3.26
|
Mendeskripsikan konsep dan sifat turunan
fungsi terkait dan menerapkannya untuk
menentukan titik stasioner (titik maximum, titik minimum dan titik belok).
|
Menentukan peluang kejadian
|
Untuk 3. 26 di kelas
XI di ubah menjadi 3.32 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan merubah redaksional penulisan menjadi lebih singkat
|
||
3.27
|
Menganalisis bentuk model
matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dalam memecahkan
masalah maximum dan minimum.
|
Mengevaluasi
kajian statistika dalam masalah kontekstual
|
KD 3.25 kelas xi
dihilangkan karena materi tersebut tidak diperlukan pada tingkat kejuruan dan
tidak perlu pendalaman
|
||
3.28
|
Mendeskripsikan konsep integral tak tentu
suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi.
|
Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan
data kelompok
|
Untuk 3. 28 di kelas
XI di ubah menjadi 3.33 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan merubah redaksional penulisan menjadi lebih singkat
|
||
3.29
|
Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu
dari aturan dan sifat turunan fungsi.
|
Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan
data kelompok
|
Untuk 3. 29 di kelas
XI di ubah menjadi 3.33 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan merubah redaksional penulisan menjadi lebih singkat
|
||
3.30
|
Menentukan nilai limit
fungsi aljabar
|
||||
3.31
|
Menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau
sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya
|
||||
3.32
|
Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum,
nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung
kurva
|
||||
3.33
|
Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
||||
3.34
|
Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan
integral tertentu
|
||||
3.35
|
PERUBAHAN MATERI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM 2013
(PERBAIKAN 2017)
MATERI KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
KD
|
KURIKULUM 2013
|
KURIKULUM 2013 (PERBAIKAN 2017 )
|
ALASAN
PERUBAHAN
|
||
KELAS X
|
KELAS XI
|
KELAS XII
|
|||
4.1
|
Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannyamenggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah
terbukti kebenarannya.
|
Merancang dan mengajukan masalah nyata berupa masalah program linear,
dan menerapkan berbagai konsep dan aturan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dan
menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik yang ditetapkan..
|
Menyajikan dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan
matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear.
|
Menyajikan
penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan disesuaikan
dengan tingkat kesulitan materi
KD 4. 1 di kelas XI di
ubah menjadi 4.4
KD 4.2 di kelas XII di
ubah menjadi 4.15
|
4.2
|
Menerapkan konsep nilai mutlak dalam
persamaan dan pertidaksamaan linier dalam memecahkan masalah nyata.
|
Memadu berbagai konsep dan aturan operasi matriks dan menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata dengan
memanfaatkan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahannya.
|
Mengidentifikasi, menyajikan
model matematika dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear
satu variabel
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan disesuaikan
dengan tingkat kesulitan materi
KD 4. 2 di kelas XI di
ubah menjadi 4.15
Agar sesuai dengan KD
3 dan Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
KD 4.2 di kelas XII di
ubah menjadi 4.15
Agar sesuai dengan KD
3 dan Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
|
4.3
|
Membuat model matematika berupa
persamaan dan pertidaksamaan linear dua variable yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
|
Mengolah data masalah nyata dengan menerapkan aturan operasi dua
fungsi atau lebih dan menafsirkan nilai variabel yang digunakan untuk
memecahkan masalah.
|
Mengidentifikasi, menyajikan
model matematika dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya.
|
Menyajikan penyelesaian masalah sistem persamaan linier
dua dan tiga variabel
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan disesuaikan
dengan tingkat kesulitan materi
KD 4. 3 di kelas XI di
ubah menjadi 4.19
Agar sesuai dengan KD
3 dan Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
KD 4.2 di kelas XII di
ubah menjadi 4.5
Agar sesuai dengan KD
3 dan Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
|
4.4
|
Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear duavariabel
(SPTLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan
menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan.
|
Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata terkait fungsi invers dan invers
fungsi.
|
Menggunakan berbagai prinsip konsep dan sifat diagonal ruang, diagonal
bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga serta
Menerapkannya dalam
memecahkan.
|
Menyajikan
penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua
variabel
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan disesuaikan
dengan tingkat kesulitan materi
KD 4. 4 di kelas XI di
ubah menjadi 4.20
Agar sesuai dengan KD
3 dan Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
Untuk 4.4 di kelas XII
di ubah menjadi 4.23
Agar sesuai dengan KD
3 dan Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya
|
4.5
|
Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan
SPTLDV dari situasi nyata dan
matematika, serta menentukan jawab
dan menganalisis model sekaligus
jawabnya.
|
Merancang dan mengajukan
masalah dunia nyata yang berkaitan dengan komposisi fungsi dan menerapkan berbagai aturan dalam menyelesaikannya.
|
Mengolah data dan membuat model fungsi sederhana non negatif dari masalah nyata serta menginterpretasikan masalah
dalam gambar dan menyelesaikan
masalah dengan mengunakan konsep dan aturan integral tentu.
|
Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan diurutkan
sesuai dengan tingkat kesulitan materi
KD 4. 5 di kelas X di
ubah menjadi 4.3
KD 3. 5 di kelas XI di
ubah menjadi 3.18
KD 4.5 di kelas XII di
ubah menjadi 4.33
|
4.6
|
Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkitan
dengan matriks.
|
Menerapkan konsep barisan dan deret tak hingga dalam penyelesaian
masalah sederhana.
|
Mengajukan masalah nyata dan mengidentikasi sifat fundamental kalkulus
dalam integral tentu fungsi sederhana serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
KD 4. 6 di kelas X di
ubah menjadi 4.3
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan diurutkan
sesuai dengan tingkat kesulitan materi
Untuk 4.6 di kelas XII
di ubah menjadi 4.34
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan diurutkan
sesuai dengan tingkat kesulitan materi
|
4.7
|
Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan
masalah.
|
Menganalisis kurva-kurva yang melalui
beberapa titik untuk
menyimpulkan berupa garis lurus, garis-garis sejajar, atau garis-garis tegak lurus.
|
Menyelesaiakan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
KD 4.7 di kelas Xdi
ubah menjadi 4.18
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan diurutkan
sesuai dengan tingkat kesulitan materi
Untuk 4.7 di kelas XI
di ubah menjadi 4.23
Agar lebih terpusat
pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap tingkat dan diurutkan
sesuai dengan tingkat kesulitan materi
|
|
4.8
|
Menyajikan hasil menemukan
pola barisan dan deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana
|
Merancang dan mengajukan
masalah nyata terkait luas
segitiga dan menerapkan aturan
sinus dan kosinus
untukmenyelesaikannya
|
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
|
KD 4.8 di kelas X di ubah menjadi 4.6
Agar lebih terpusat pada satu materi tidak terpisah – pisah di setiap
tingkat dan diurutkan sesuai dengan tingkat kesulitan materi
|
|
4.9
|
Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat
dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan.
|
Menyajikan dan mengolah data statistik deskriptif kedalam tabel
distribusi dan histogram untuk memperjelas dan menyelesaikan
masalahyangberkaitan
dengan kehidupan nyata.
|
Menyajikan
penyelesaian masalah nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
|
KD 4.9 di kelas X di ubah menjadi 4.19
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan merubah redaksional penulisan
menjadi lebih singkat
|
|
4.10
|
Menyusun model matematika dari masalah yangberkaitan dengan persamaan
dan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.
|
Memilih dan menggunakan aturan pencacahan yang sesuai dalam pemecahan masalah nyata
|
Menyajikan
penyelesaian masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebaliknya
|
KD 4.10 di kelas X diubah
menjadi 4.19 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan
disesuaikan dengan KD 3
KD 4.10 di kelas XI
diubah menjadi 3.25
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
|
|
4.11
|
Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan
data yang ditentukan dan
menafsirkan karakteristiknya.
|
Mengidentifikasi masalah nyata dan menerapkan aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi dalam pemecahan masalah tersebut.
|
Menyajikan
grafik fungsi trigonometri
|
KD 4.11 di kelas X
diubah menjadi 4.19 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
KD 4.11 di kelas XI
diubah menjadi 3.26
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
|
|
4.12
|
Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari
fenomenasehari-hari dan menafsirkan maknadari setiap variable yang digunakan.
|
Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menentukan peluang dan harapan suatu kejadian dari masalah kontektual.
|
Menyelesaikan
permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
|
KD 4.12 di kelas X
diubah menjadi 4.19 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3 dan merubah redaksional penulisan
menjadi lebih singkat
KD 4.12 di kelas XI
diubah menjadi 3.26
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
|
|
4.13
|
Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruangsertadalam
menyelesaikan masalah nyata berkaitan
dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan bidang.
|
Mengolah informasi dari suatu
masalah nyata, mengidentifikasi sebuah titik sebagai pusat lingkaran yang melalui suatu titik tertentu, membuat model matematika berupa persamaan
lingkaran dan menyelesaikan masalah tersebut.
|
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
|
KD 4.13 di kelas X
diubah menjadi 4.23 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3 dan merubah redaksional penulisan
menjadi lebih singkat
KD 4.12 di kelas XI
diubah menjadi 4.23
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3 dan
merubah redaksional penulisan menjadi lebih singkat
|
|
4.14
|
Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
|
Merancang dan mengajukan
masalah nyata terkait garis
singgung lingkaran serta
menyelesaikannya dengan melakukan
manipulasi aljabar dan menerapkan berbagai konsep lingkaran.
|
Menyelesaikan
nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
KD 4.14 di kelas X
diubah menjadi 4.12 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
KD 4.14 di kelas XI diubah
menjadi 4. 21
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3 dan
merubah redaksional penulisan menjadi lebih singkat
|
|
4.15
|
Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
|
Menyajikan objek kontekstual, menganalisis informasi terkait sifat-sifat objek dan menerapkan aturan transformasi
geometri (refleksi, translasi, dilatasi, dan rotasi) dalam memecahkan
masalah.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan matriks
|
KD 4.15 di kelas X
diubah menjadi 4.12 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
KD 4.15 di kelas XI diubah
menjadi 4.24
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3 dan
merubah redaksional penulisan menjadi lebih singkat
|
|
4.16
|
Memilih strategi yang efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang limit fungsi aljabar.
|
Memilih strategi yang efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang turunan fungsi aljabar.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
KD 4.16 di kelas X
diubah menjadi 4.30 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
KD 4.16 di kelas XI
diubah menjadi 4.31
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3 dan
merubah redaksional penulisan menjadi lebih singkat
|
|
4.17
|
Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan
|
Memilih strategi yang efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang fungsi naik dan fungsi turun.
|
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi
dua
|
KD 4.17 di kelas X
diubah menjadi 4.30 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
KD 4.17 di kelas XI
diubah menjadi 4.32
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
|
|
4.18
|
Menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai
objek nyata melalui percobaan menggunakan frekuensirelatif.
|
Merancang dan mengajukan
masalah nyata serta menggunakan konsep dan sifat turunan fungsi terkait dalam titik stasioner (titik maximum,titik minimum dan titik belok)
|
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi
tiga
|
KD 4.18 di kelas X
diubah menjadi 4.30 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
KD 4.17 di kelas XI
diubah menjadi 4.32
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
|
|
4.19
|
Menganalisisaspek-aspek sederhana argumentasi logis yang digunakan
dalam matematika yang sudah dipelajari dan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menyajikan data dari situasi nyata, memilih variabel dan mengkomunikasikannyadalam bentuk model
matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat
turunan fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum.
|
Menyajikan penyelesain masalah yang berkaitan
dengan persamaan dan fungsi
kuadrat
|
KD 4.18 di kelas X
diubah menjadi 4.22 Materi diurutkan sesuai dengan keterkaitan materi
sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
KD 4.19 di kelas XI
diubah menjadi 4.32
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
|
|
4.20
|
Memilih strategi yang efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang integral taktentu dari fungsi aljabar.
|
Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
|
KD 4.20 di kelas XI
diubah menjadi 4.33 dan 4.34
Materi diurutkan
sesuai dengan keterkaitan materi sebelumnya dan disesuaikan dengan KD 3
|
||
4.21
|
Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan persamaan lingkaran
|
||||
4.22
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan logika matematika (
pernyataan sederhana, negasi
pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan
penarikan kesimpulan )
|
||||
4.23
|
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak antara titik ke
titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga
|
||||
4.24
|
Menyelesaikan masalah
kontekstual kontekstual
yang berkaitan dengan transformasi geometri
|
||||
4.25
|
Mendeskripsikan konsep dan sifat turunan
fungsi terkait dan menerapkannya untuk
menentukan titik stasioner (titik maximum, titik minimum dan titik belok).
|
Menyajikan
penyelesaian masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan,
permutasi dan kombinasi
|
|||
4.26
|
Menganalisis bentuk model
matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dalam memecahkan
masalah maximum dan minimum.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian
|
|||
4.27
|
Mendeskripsikan konsep integral tak tentu
suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi.
|
Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan kajian statistika
|
|||
4.28
|
Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu
dari aturan dan sifat turunan fungsi.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
|||
4.29
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
|
||||
4.30
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
limit fungsi aljabar
|
||||
4.31
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
||||
4.32
|
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama
fungsi aljabar
|
||||
4.33
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
||||
4.34
|
Menyelesaikan masalah luas permukaan dan volume benda putar dengan
menggunakan integral tertentu
|
Jakarta, Maret 2017
Penyusun,
……………………………………………………
No comments:
Post a Comment